SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANAKU

Thursday, March 28, 2013

Cara Menambah Ukuran Partisi Local Disk C dari Local Disk D

Sangat sebel rasanya saat aku mengetahui hasil partisi local disk C di laptop yang aku beli ternyata memorinya kecil cuma sekitar 24 GB, padahal di local disk D dan E memorinya cukup banyak, yaitu masing-masing 100 GB lebih, soalnya kan memory fullnya 320 GB. Pada awalnya sih nggak masalah, tetapi saat menginstall banyak software akhirnya ruang local disk C semakin kecil dan alhasil laptop semakin lemot aja.
Setelah ngerasa hal itu, akhirnya aku mulai nanya sama "Mbah Google" cara mengatasinya dan alhasil aku dapat salah satu caranya yaitu dengan menambah ukuran partisi di local disk C yang bisa diambil dari local disk D. Berikut uraian yang aku dapat dari satu situs yang ktemukan.

Pada umumnya ukuran disk C lebih kecil daripada disk D ataupun disk E, padahal disk C adalah salah satu partisi yang tentunya sering diisi oleh program-program apalagi game-game yang cukup berat, sehingga ukuran sizenya pun juga harus besar kan? bahkan terkadang kita akan kekurangan ruang karena local disk C sudah hampir penuh, seperti kasus saya dulu.
Bagaimana untuk menambah ukuran local disk C?
Caranya mudah, kita cukup mengambil ruang kosong yang ada dari local disk D.
Lalu bagaimana kalau local disk D juga hampir penuh?
Jika local disk D juga hampir penuh kita harus menambah ukuran disk D dulu dengan mengambilnya dari disk E.
Setelah disk D ukurannya bertambah dan ada ruang kosong baru kita pindah ke disk C. (harus sesuai urutan)
Begitulah inti cara kerjanya.
Cara melakukan partisi untuk melakukan hal diatas dengan mudah adalah dengan menggunakan software Partition Magic.
Kita ambil saja yang versi home edition, karena yang versi ini gratis dan sudah cukup digunakan untuk kebutuhan sendiri. Download disini atau jika gagal diinstal, Download disini
Penting : Lakukan backup dulu file-file penting kamu sebelum melakukan cara ini.. Untuk berjaga-jaga..
Setelah itu ikuti tutorial video berikut : easeus flash extend_system_partition.swf
Setelah melakukan tutorial video tersebut dan jika  disuruh restart, maka restart saja. Dan nati partition magic akan melakukan partisi saat windows di restart. Kurang lebih memakan waktu 15-30 menit, tergantung banyak sedikitnya ukuran yg dipartisi.
screen shot
Dan ini hasil setelah disk C saya tambah ukurannya. Saya tambah 20Gb dari disk D. Sehinngga yang semula disk C cuma 75Gb sekarang menjadi 95Gb. Dan disk D yg semula 195Gb menjadi 175Gb.
Dijamin aman, tanpa kehilangan data jika mengikuti tutorial dengan benar. Aku telah mencoba cara ini dan berhasil dengan baik tanpa ada data yang hilang atau rusak.

INFO : jikaa kamu gagal atau mengalami kehilangan partisi bisa lihat tutorial langsungnya disini
http://www.partition-tool.com/partition-recovery-wizard/partition-recovery.htm

Sumber: http://zamedaku.blogspot.com/2012/06/cara-menambah-ukuran-partisi-disk-c.html 

37 comments:

  1. Keren gan, ane mau coba ah. Tapi benar2 berhasil kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba gan, ane sudah coba dan berhasil kok.

      Delete
  2. kok pas resize disk c tetep ga bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok Sis, ane udah nyoba. Rezisenya itu sesuai urutan. Dilaptop ane urutannya tu C, D, dan E tp di PC jadul ane urut2annya E, C, dan D. G' tau tuh kenapa.
      Jadi, mindahnya sesuai urutan, misal kalau urutannya C, D, dan E, untuk nambah C dari D, dan jika D penuh D ditambah dulu dari E. Bisa langsung satu kali jalan. Kemaren aku nambah size C dengan cara itu kok.

      Delete
    2. gan kalo ane cm ada c dan d gimana ?makasih ya gan,maaf gan masih newbie soal ginian hehehe

      Delete
    3. kalo ane cm ada c dan d gimana gan?ane pake laptop gan,makasih ya gan,maaf masih nubi soal ginian hehehe

      Delete
    4. Ya yinggal tambahin aja disc c dari d. Malah enak kalo cm ada 2 krn pemindahan cm utk dua itu.

      Delete
  3. aplikasi yang sdh terinstal akan hilang ga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaya'nya sih nggak gan, soalnya kan yang berubah tu cuma untuk memory yang masih kosong. Saat coba dilaptopku juga nggak ada aplikasi yang hilang ato korupt.

      Delete
  4. kok laptop ane lama bgt pas boot nya gan , mentok di 2% , knapa ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ane nggak tau tuh soalnya pas ane coba di PC ato laptop ane bisa2 aja, coba aja nanya ama sumber tulisan ini (di zamedaku.blogspot.com). Tuh alamatnya ada di sumber pada postingan terakhir.

      Delete
  5. Gan Kalo di PC WinXP bit 32 bisa ga gan

    ReplyDelete
  6. wah gan setelah saya coba ternyata berhasil. terima kasih informasi nya semoga bermanfaat buat semuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan sama2, terima kasih sudah mampir di blog ane ini.

      Delete
  7. makasih gan ane berhasil.keren tutorialnya.semoga kebaikan agan dalam membagi ilmunya bermanfaat buat orang lain

    ReplyDelete
  8. salam sahabat...saya dah cuba dan berjaya..terima kasih.... ----> ayilejai jdt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kembali. Sama2, terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  9. gan file backup an nya di taruh dimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara ini cuma buat mindah memory kosong aja kok gan, jadi data2 yang sudah ada tidak akan berpindah.

      Delete
  10. Replies
    1. Virus??? maksudnya filenya bervirus gan. Dulu nggak lho gan.

      Delete
  11. ijin coba gan :)

    ReplyDelete
  12. ini yang dibackup local disk Cnya bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Back up data cuma buat jaga2 aja kok gan, saat gunain ini ane malah nggak melakukan back up data. Back up data ini untuk file2 penting, jika mau nambah local disk C dari local disk D, mending dua2 yg di back up. Tapi ya dari pengalaman ane, tanpa back up data ternyata nggak terjadi apa2, file2 semua tetap aman.

      Delete
  13. Mau tanya....saya kan udah nambahin disk kapasitas disk C pake disk D.habis itu kan suruh restart kan.itu pas habis restart kok gak ada gambar kok gak muncul gambar kaya di screenshot ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak muncul berarti gagal ya gan? Coba lagi aja gan. Kalau memang belum bisa coba buka alamat sumber di atas trus tanya di sana. Maaf soalnya ane nyoba beberapa kali dengan PC berbeda bisa-bisa aja tu gan, jadi ane nggak ngerti tu permasalahannya kenapa, mungkin agan yg di sana bisa membantu.

      Delete
  14. kalo jangan di backup bisa ga??
    emang udah 100% berhasil ini ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jaga2 ya bisa diback up dulu gan. Tapi saat ane pake cara ini, ane nggak mem-back up gan dan ternyata semua data aman2 aja.

      Delete
  15. wah hebat gan ternyata bisa,trims ya gan bwt info nya

    ReplyDelete
  16. gan..ditambah 20gb keatas bisa nggak?

    ReplyDelete
  17. Replies
    1. Maaf gan sudah lama nggak online, tu sudah dibales.

      Delete

Silahkan berkomentar terhadap tulisan ini, tapi dengan kata2 yang baik ya! Heehehehe....