SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANAKU

Monday, September 9, 2013

7 Cara melawan malas di pagi hari

 Tak bisa dipungkiri kalau rasa malas sering melanda ketika kita hendak bekerja, pengennya libur aja.
Apalagi saat kerjaan menumpuk dan tak kunjung selesai. Rasa lelah dan mungkin kantuk yang masih terasa merupakan salah satu hal yang membuat rasa malas melanda kita.
Padahal beberapa jam sebelum bekerja dan beberapa jam pertama dari rutinitas kerja kita di pagi hari dapat memiliki efek yang signifikan pada tingkat produktivitas selama sisa jam kerja berikutnya. Jika awalnya kita sudah memiliki rasa malas, maka rasa malah akan selalu ada bahkan sampai pulang kerja. Sangat penting bagi kita untuk memiliki rutinitas pagi yang bisa membuatkita meraih kesuksesan. Berikut adalah tujuh cara melawan malas di pagi hari, seperti dilansir Forbes.

1. Datang tepat waktu
Beberapa orang tidak menyadari bahwa datang terlambat tidak hanya dapat meninggalkan kesan buruk, tetapi juga membuang seluruh hari kita. Datang tepat waktu atau bahkan lebih awal dapat membantu meningkatkan semangat untuk lebih giat dalam bekerja.

2. Ambil napas dalam-dalam dan bermeditasi
Banyak orang datang ke kantor terburu-buru karena mereka tidak meninggalkan cukup waktu untuk berurusan dengan keperluan rumah. Akibatnya, mereka harus pergi bekerja dengan tergesa-gesa dan merasakan hiruk-pikuk kemacetan di pagi hari.
Setelah sampai, coba ambil napas dalam-dalam dan memberikan diri kita sedikit waktu untuk bermeditasi. Ini akan menenangkan pikiran dan membuat kita lebih damai. Meditasi yang dimaksud tentu bukan meditasi seperti Tong Sam Cong dalam film Kera Sakti lho.

3. Sarapan
Sarapan adalah waktu makan paling penting yang tidak boleh dilewatkan. Ini membantu kita menjadi lebih sehat secara fisik dan juga memberi energi mental yang dibutuhkan untuk mengatasi aktivitas kerja selama seharian. Jadi meskipun sedikit, usahakan untuk sarapan.

4. Mengorganisir pekerjaan
Satu jam pertama pada hari kerja kita menjadi waktu terbaik untuk menilai prioritas dan fokus, yang benar-benar perlu kita selesaikan hari itu. Buatlah sebuah to-do list, atau memperbarui catatan yang sudah kita buat sebelumnya, dan mencoba menaatinya. Namun, jika bos memiliki kebutuhan mendesak, kita perlu menyesuaikan prioritas kita.

5. Tetap terjaga
Bahkan jika kita bukan orang pagi, kita harus tetap terjaga ketika sampai di kantor. Terutama, jika kita adalah seorang pemimpin. Sangat penting untuk selalu terlihat bugar, baik secara mental ataupun fisik. Berbasa-basilah sedikit dengan rekan atau tim kerja. Kota bisa menanyakan kabar dan perkembangan mereka.

6. Jangan moody
Bersikap moody saat bekerja bukan sesuatu yang bijaksana. Suasana hati kita akan sangat mempengaruhi atmosfer kantor dan memberi efek buruk pada rekan kerja. Kita pun akan dianggap tidak profesional dalam bekerja.

7. Berbincang dengan tim/rekan kerja
Luangkan 5-10 menit waktu kita untuk berbincang santai dengan tim atau rekan kerja Anda. Cara ini cukup efektif untuk membuat jam kerja kita dan tim jadi lebih produktif. Sebab, kita dan tim telah memiliki prioritas dan fokus yang akan dikerjakan selama seharian.

Inilah tujuh cara melawan malas di pagi hari yang bikin kita menjadi lebih produktif dan fokus setiap hari. Selamat mencoba!

Sumber : merdeka.com dengan sedikit perubahan

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar terhadap tulisan ini, tapi dengan kata2 yang baik ya! Heehehehe....