SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANAKU

Wednesday, September 25, 2013

Power Bank

Apa itu Power Bank

Kita sering mendengar istilah power bank namun banyak juga yang tidak tahu artinya. Kata tersebut berasal dari bahasa Inggris, yang memiliki arti “penyimpan daya”. Ya, itulah power bank, sebuah alat kecil yang mudah dibawa kemana-mana, yang berfungsi untuk men-charge kembali gadget kita saat kehabisan daya, di mana kita berada dalam posisi jauh dari stop-kontak listrik.

Pada dasarnya, power bank adalah sebuah alat untuk menyimpan energi. Banyak juga yang menyebut power bank sebagai portable charger, yakni alat untuk mengisi ulang gadget ketika kita sedang bepergian (on the go). Kemampuannya menyimpan energi dan mentransfernya ke gadget lain menjadikan power bank sebuah alat pendukung yang wajib dimiliki para pengguna mobile gadget yang jarang bertemu, atau tidak sempat mendapati sumber listrik untuk men-cas gadgetnya.

Power bank memang khusus dibuat untuk para pebisnis, orang-orang lapangan yang jarang masuk ruangan, dan orang yang sering dalam perjalanan. Benda mungil itu memiliki bermacam-macam kapasitas daya mulai dari 3000 mAh sampai 11000 mAh. Power bank umumnya dilengkapi dengan beragam colokan yang memungkinkan alat ini dipakai untuk men-charge aneka macam gadget, khususnya handphone. Fleksibilitas ini sangat memungkinkan kita hanya membawa satu power bank untuk men-cas beberapa jenis gadget dalam aktivitas mobile. 

Penggunaannya cukup mudah. Kita cukup mengisi atau men-charge powerbank hingga penuh. Setelah itu, powerbank dapat digunakan untuk mengisi baterai gadget kita dengan mencolokkan powerbank kita dengan gadget.



Kelebihan Powerbank
  1. Sangat membantu saat anda saat berada dalam perjalanan dimana sulit atau bahkan tidak ada aliran listrik. 
  2. Umumnya powerbank mempunyai spesifikasi high power dengan kapasitas mAh yang sangat besar, jauh dibanding baterai cadangan. Hal ini menjadikan proses charging bisa lebih cepat. 
  3. Power bank charger bersifat universal, dengan menggunakan port microUSB atau miniUSB yang dapat mensuplai energi beberapa gadget yang berbeda merek. 
Kekurangan Powerbank
  1. Beberapa kasus power bank malah dapat mempersingkat umur baterai, pasalnya ukuran tegangan yang tidak sesuai antara power bank dengan smartphone tersebut. 
  2. Harganya masih relatif mahal, terutama power bank merek ternama dengan kapasitas besar yang mempunyai kualitas bagus, seperti buatan Alkaline, Panasonic dan Sanyo. 
  3. Bobot power bank relatif berat untuk yang memiliki kapasitas besar, dan beberapa jenis harus dioperasikan dengan dukungan kabel USB. 
  4. Power bank juga memerlukan proses charge seperti halnya baterai, dan biasanya durasinya bisa mencapai 5 sampai 6 jam bahkan seharian sampai kapasitas penuh. 
  5. Baterai handphone atau smartphone cepat panas saat di charge. 
  6. Bisa merusak kartu SIM jika terlalu lama atau terlalu sering menggunakan powerbank.

Cara Memakai Powerbank yang Benar

1.Isi Penuh
Usahakan setiap kali mengisi powerbank, dilakukan secara optimal. dengan kata lain, tunggu hingga alat ini sepenuhnya terisi. Lampu indikator akan menyala semua jika powerbank sudah terisi penuh
2. Charge harus off
Gunakan powerbank untuk pengecharge an hape dalam keadaan off karena akan membuat umur baterai di hape lebih awet krn kl digunakan hape dalam keadaan on baterai di powerbank akan dipaksa bekerja 2x lipat sehingga menyebabkan umur baterai di powerbank lebih pendek dan umur baterai hape juga bekerja 2x lipat krna harus mencari sinyal yg tidak stabil akibatnya baterai di hape dicharge dari powerbank tidak optimal
3.Gunakan darurat saja!

Batasi pengecasan mengunakan powerbank. Gunakan charger biasa untuk mengecas gadget jika memang tersedia colokan listrik karena umumnya powerbank memiliki batasan jumlah pengecasan. Artinya dalam beberapa kali pengecasan, alat ini akan menurun kinerja penampungan tenaganya. Semakin sering melakukan pengecasan, semakin cepat pula alat ini bekerja secara tidak optimal.
4.Tinggalkan Fungsi Penerang
Meski powerbank sering dilengkapi dengan fungsi senter, jangan pernah bermain-main dengan fungsi ini karena sangat menyedot tenaga. Penggunaan fungsi senter ini akan mengakibatkan isi powerbank cepat habis.
5.Hindarkan dari Suhu Ekstrim
Karena berisi baterai isi ulang, powerbank cepat sekali drop jika sering kita bawa ke tempat-tempat bersuhu ekstrim, baik panas maupun dingin. Bahan baterai di dalam powerbank rentan terhadap suhu-suhu seperti itu. Jika memang harus membawanya dalam suhu ekstrim, usahakan powerbank dibungkus dengan baik agar suhu yang melingkupinya tetap normal.
6.Hindari Jatuh
Bahan baterai di dalam powerbank juga sangat rentan terhadap benturan keras.
Seperti elemen pada aki, ketika terjadi benturan keras, kerusakan baterai dapat saja terjadi sehingga daya tampungnya menurun.


Diambil dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar terhadap tulisan ini, tapi dengan kata2 yang baik ya! Heehehehe....