SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANAKU

Sunday, May 4, 2014

Cara Menghapus Delta Search di New Tab Mozilla Firefox


Pernah nggak sih mengalami kejadian kayak gini?

Entah karena browsing atau karena menginstall sesuatu, eee... saat add new tab di mozilla (ane kalau browsing pake mozilla) muncul add-on toolbar Delta Search. Sebel sih karena harus loading dahulu, padahal lagi lemot (derita ane ya, wkwkwkwk...), nggak mau langsung ke alamat yang mau dituju.

Dulu juga pernah muncul toolbar Aartemis, sama sih kaya Delta Search. Saat itu ane install ulang mozilla ane, dengan akibat fasilitas add-on mozilla yang sudah ditambahin hilang semua, jadi harus diulangi nge-add lagi, trus flash player juga harus diinstall lagi jika ingin youtube-an. Hah... repot sih kalau harus melakukan hal itu lagi.

Akhirnya ane makai jurus pamungkas nih, yaitu nanya ke mbah dukun, eh...salah, mbah google maksudnya. Dan akhirnya ane nemu tulisan yang menyelesaikan permasalahan ane ini. Jika mau baca, di alamat ini yang ane maksud.

Katanya sih, kejadian terpasangnya add-on ini berawal dari permintaan sebuah situs untuk menginstal add-on di peramban mozilla, tanpa sengaja atau tanpa sepengetahuan ane, ane ikuti rekomendasi situs tersebut. Makanya muncul tuh si Delta Search. Wah kejebak nih ane. Sama kaya saat ane download lagu lewat andro, tapi yang kedownload malah m*b*ginie atau saat browsing, tiba-tiba dibawa ke play store dan lagi-lagi yang nonggol m*b*ginie. Haduh....

Trus bagaimana caranya menggembalikan mozilla ke keadaan semula tanpa unistall. Ternyata nih caranya mudah pakai banget, beginilah step by step yang bisa dilakukan untuk menghapus Delta Search di tab baru Mozila Fifefox.
  • Langkah pertama adalah jalankan Mozilla Firefox dan ketikkan about:config ke address bar kemudian tekan Enter. Jika menemukan peringatan seperti ini, klik I’ll be careful, I promise!
  • Di kotak Search: ketikkan browser.newtab.url
  • Sistem akan melakukan sortir dan menampilkan baris browser.newtab.url secara otomatis, pada kolom Value akan ada Delta Search sebagai URL default, klik kanan pada baris browser.newtab.url dan klik menu Reset, secara instan Delta Search akan hilang dan berubah menjadi about:newtab.

  • Sampai di sini sebenarnya kita sudah berhasil menghapus URL default di tab baru Mozilla Firefox, tetapi ada baiknya hapus sekalian semua value yang berhubungan dengan Delta Search. Ketikkan Delta Search di kotak pencarian, sistem akan menampilkan semua string yang mengandung kata kunci Delta Search, kemudian reset semua baris kode hingga kembali ke pengaturan semula.

  • Sekarang tutup Mozilla Firefox dan jalankan kembali, selanjutnya coba buka tab baru. Dan tralalala.... tab baru sudah seperti sedia kala. Delta Search sudah hilang.
Selain untuk Delta Search (contohnya Aartemis seperti yang ane bicarakan di awal, di mana kasusnya mirip yaitu muncul di add new tab), cara ini mungkin juga bisa digunakan. Tapi ane belum nyoba sih, hehehehehe.... 


Sumber :

2 comments:

  1. mantap bro... terimakasih...semoga menjadi amal ibadah bagi ente

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar terhadap tulisan ini, tapi dengan kata2 yang baik ya! Heehehehe....