SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANAKU

Sunday, March 16, 2014

Hewan yang Termasuk Satu-satunya


Hewan yang ada di dunia ini ada bermacam-macam jenisnya. Dari sekian banyak hewan itu ada beberapa hewan yang memiliki kriteria khusus yang mungkin tidak dimiliki hewan lainnya. Kriteria khusus ini ada yang bisa dibilang cuma satu-satunya dimiliki oleh hewan tertentu. Hewan apa saja yang termasuk satu-satunya seperti yang ane maksud, berikut hewan-hewan tersebut.

1. Gajah

Gajah termasuk hewan menyusui (mammalia) dan merupakan hewan darat terbesar di dunia. Berat anak gajah saja pada umumnya 120 kilogram. Seekor gajah bisa hidup selama kurang lebih 70 tahun. Gajah adalah satu-satunya mamalia di dunia yang tidak bisa melompat. Jadi, jangan harap untuk membuat gajah melewati sebuah papan rintangan dengan melompat seperti kuda, rusa, atau hewan-hewan lainnya.

2. Kelelawar
Kelelawar merupakan hewan malam atau disebut hewan nokturnal, karena beraktifitas dan mencari mangsa di malam hari. Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang dapat terbang. Meskipun dapat terbang, kelelawar sebenarnya tidak memiliki sayap. Sayap yang kita lihat pada kelelawar sebenarnya adalah kaki depan yang berkembang dengan selaput sehingga membentuk seperti sayap.

 3. Platipus

Platipus adalah hewan semi-akuatik yang banyak ditemui di bagian timur benua Australia. Platipus juga sering dikenal dengan nama duck-billed platypus atau platypus berparuh bebek disebabkan bentuk paruhnya yang menyerupai bebek. Platipus termasuk hewan mammalia karena menyusui anaknya, tetapi tidak seperti hewan mammalia pada umumnya, platipus termasuk hewan ovipar atau berkembang biak dengan bertelur. Jadi, bisa dikatakan bahwa platipus adalah satu-satunya mammalia yang bertelur.

Koreksi nih : ternyata selain platipus ada mammalia lain yang bertelur, yaitu ekidna.
Ekidna merupakan hewan mammalia yang bertelur (ordo Monotremata) yang masih bertahan hidup hingga sekarang di samping platipus (Ornithorhynchus anatinus). Sebagaimana dengan platipus, ekidna termasuk hewan yang aneh. Ekidna menjadi aneh lantaran hewan mammalia tetapi ekidna tidak melahirkan anaknya melainkan bertelur. Terdapat empat spesies ekidna dari dua genus berbeda yang masih bertahan hidup hingga sekarang. Sedangkan tiga spesies ekidna lainnya telah punah dan hanya dikenali dari fosilnya saja.
Ekidna memiliki tubuh kecil dan ditumbuhi rambut kasar dan duri seperti landak. Ekidnga terdiri atas dua genus, yaitu Tachyglossus (ekidna moncong pendek) dan Zaglossus (ekidna moncong panjang.
Tachyglossus
Zaglossus
Terima kasih kepada yuka atas koreksinya. 

4. Ibex

Ibex adalah hewan sejenis kijang. Hewan ini adalah satu-satunya hewan yang punah 2 kali. Kenapa dikatakan seperti itu? Begini cerita yang ane baca. Kepunahan pertama ibex yaitu saat satu-satunya ibex yang tersisa mati terkena pohon tumbang. Namun para ilmuwan berhasil mengambil gennya dan melakukan kloning dan dari kloning itu ibex baru pun lahir. Sayangnya pada tahun 2000 ibex tersebut mati.

5. Komodo
Komodo adalah hewan langka yang hanya ada di pulau Komodo, Indonesia. Hewan ini adalah satu-satunya hewan yang tersisa dari zaman pra sejarah. Hewan ini merupakan satu-satunya mahluk purba yang diketahui masih bertahan hidup hingga saat ini. Hewan ini juga disebut sebagai kadal raksasa karena bentuknya yang menyerupai kadal namun memiliki ukuran raksasa.

6. Kecoak
Kecoak mungkin memang termasuk hewan yang menjijikan, tapi ternyata kecoak juga memikili keunikan lho.
Kecoak adalah satu-satunya hewan yang dapat hidup dalam serangan bom nuklir. Bahkan dikatakan bahwa setelah tragedi bom di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang, pada Perang Dunia II lalu, hewan yang masih hidup adalah kecoak. Hal ini disebabkan karena sel-sel hidup sensitif pada radiasi dari kecoak sedang membelah. Sel-sel tersebut membelah pada saat siklus molting, sekitar sekali seminggu. Maka mereka bersifat sensitif pada radiasi hanya sekitar 48 jam, atau 1/4 minggu.
Salah satu yang menarik adalah hadirnya fakta dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mythbuster. Mereka menyebutkan bahwa kecoak baru akan mati saat terkena radiasi 10 kali radiasi yang dibutuhkan untuk membunuh manusia.
Fakta unik lainnya adalah kecoak merupakan satu-satunya hewan dapat hidup meskipun tanpa kepala. Pada dasarnya, semua hewan akan mati jika sudah tidak memiliki kepala, sebab di kepala ada beberapa indra, yaitu mata untuk melihat, hidung untuk bernapas, dan mulut untuk makan. Namun faktanya, kecoak tidak memerlukan hidung untuk bernapas, karena mereka bernapas melalui ventilator di seluruh tubuhnya. Sementara untuk makan, kecoak bisa hidup tanpa makanan dalam jangka waktu 1 bulan dan tanpa minuman 1 minggu saja. Jadi logikanya, kecoak akan mati minimal 1 minggu setelah kehilangan kepalanya.

7. Belalang Sentadu atau Belalang Sembah
Belalang sembah terdiri dari 2.000 spesies yang tersebar diseluruh dunia. Ukuran terbesarnya bisa mencapai panjang 17 cm. Belalang ini memiliki 3 pasang kaki, dua pasang kaki belakang untuk berjalan dan satu pasang kaki depan untuk menangkap mangsa. Uniknya belalang sentadu atau belalang sembah adalah serangga satu-satunya yang dapat berdiri di atas satu kaki.

8 Kuda Laut
Kuda laut adalah binatang yang unik, salah satu keunikan pada kuda laut ialah kenyataan bahwa kuda Laut jantan merupakan satu satunya hewan jantan di dunia yang bisa hamil. Namun, bukan berarti kuda laut jantan yang memproduksi telur. Seperti lazimnya hewan lain, telur kuda laut tersebut tetap dihasilkan oleh kuda laut betina. Telur yang telah dihasilkan oleh si betina dikeluarkan dan disimpan oleh kuda laut jantan dalam perutnya untuk dibuahi dan dijaga antara 10 hari hingga 6 minggu lamanya, hingga telur tersebut menetas.Kuda laut jantan memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk melahirkan anak2nya. Dan dalam sekali melahirkan, seekor kuda laut bisa melahirkan antara 15 hingga 1.000 ekor kuda laut kecil (tergantung pada jenisnya).

9. Duyung
Duyung atau dugong (Dugong dugon) adalah sejenis mammalia laut. Duyung bukanlah ikan karena menyusui anaknya. Dugong merupakan satu-satunya hewan yang mewakili suku Dugongidae. Selain itu, ia juga merupakan satu-satunya lembu laut yang bisa ditemukan di kawasan perairan sekurang-kurangnya di 37 negara di wilayah Indo-Pasifik, walaupun kebanyakan duyung tinggal di kawasan timur Indonesia dan perairan utara Australia. Duyung atau dugong adalah satu-satunya mamalia laut herbivora atau pemakan dedaunan.

10. Axolotl
Axolotl (Ambystoma mexicanum) adalah binatang langka dan endemik di Mexiko. Axolotl adalah satu-satunya ikan yang mempunyai kaki dan dapat berjalan dengan kakinya, sehingga hewan eksotik nan unik ini juga disebut sebagai "Mexican Walking Fish".. Sebenarnya Axolotl bukanlah jenis ikan, melainkan sejenis salamander langka yang hanya endemik di Mexico. Tapi mungkin karena habitat hidupnya adalah air seperti ikan, maka hewan ini disebut ikan. Panjang hewan ini bisa mencapai 30 cm, tapi rata-rata ukurannya hanya 15 cm. Memiliki warna tubuh hitam atau cokelat kekuningan dan banyak juga yang berwarna putih dan merah muda.

11 Penguin
Penguin adalah salah satu jenis burung yang tidak dapat terbang. Meski tidak dapat terbang, tapi hewan ini sangat pandai berenang. Hewan ini terdiri dari 18 species, ada yang hidup di daerah dingin (kutub selatan) tapi ada juga yang hidup di daerah tropis. Penguin merupakan satu-satunya burung yang benar-benar dapat berdiri tegak. Hal unik lain adalah caranya dalam mengerami telur tidak sama dengan kebanyakan jenis burung lainnya. Penguin mengerami telurnya dengan meletakkan telur di antara kedua kakinya. Telur akan tetap hangat karena ada kulit bagian bawah penguin yang disebut brood pouch.

Nah, itulah beberapa hewan yang termasuk satu-satunya. Semoga bermanfaat. 


Sumber: google, wikipedia, dan lain-lain

2 comments:

  1. sedikit revisi. selain platipus, terdapat satu lagi hewan dalam ordo monotremata yang juga bertelur. yaitu ekidna. hewan ini hanya terdapat di papua dan australia. semoga menjadi koreksi. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya....benar, maaf kurang teliti nih dan terima kasih atas koreksinya.

      Delete

Silahkan berkomentar terhadap tulisan ini, tapi dengan kata2 yang baik ya! Heehehehe....