SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANAKU

Tuesday, December 25, 2012

Cara Ampuh Memperbaiki FlashDisk yang Tidak Bisa Diformat atau Tidak Bisa Terdeteksi

Pada awalnya ngerasa sebel pada flashdiskku yang kadang kala sulit terbaca pada laptopku. pada awalnya sih aku pikir laptopku yang bermasalah, tapi saat dicolokkan ke netbook temanku ternyata sama saja. Saat itu langsung aja kepikiran untuk "mempensiunkan" flashdisku itu.
Tapi eits... tunggu dulu, aku lalu kepikiran untuk memperbaikinya dengan tanya sama mbah google tentunya. Saat utak-atik kata kunci pencarian emang aku dapat beberapa aplikasi repair. Ada tiga aplikasi yang aku download (kalo nggak salah sih) tapi semuanya sih nggak ada yang bisa bekerja. Tapi dengan kegigihan semangat juang 45 (yah... lebay deh...) akhirnya aku temukan solusinya saat aku menemukan alamat http://zamzambadruzaman.blog.com/2011/05/26/cara-memperbaiki-flash-disk-yang-tidak-bisa-diformat-dan-tidak-terdeteksi/ .
Di alamat itu akhirnya aku bisa menemukan cara yang emang bisa bekerja pada flashdiskku yang sulit terbaca itu. Singkat cerita begini caranya:
Kita cari VID dan PID, alias ID Vendor dan ID Product flash disk kita dengan cara melihatnya lewat software usb viewer. Bisa didownload disini! Setelah mendownload software usb viewer, silakan masukkan FlashDisk kamu!   Setelah menjalankan aplikasi USB viewer, di sini kita bisa melihat VID dan PID pada device connected, akan muncul beberapa Port, dan silakan menuju port yang mengidentitaskan flashdisk anda, misalnya USB Mass storage device, di sana kita akan menemukan VID maupun PID Flashdisk anda, rinciannya VID = ID Vendor | PID = ID Product sebagai berikut.

  • Lihat penjelasan ID Vendornya disini!
  • Lalu kunjungi website http://flashboot.ru/iflash.html!
  • Isi data VID dan PID flash kita di kotak pencarian bertuliskan VID dan PID. Bagian yang perlu kamu copy pada VID ataupun PID pada flashdisk anda hanya 4 karakter dari belakang. Seperti contoh di atas VID = 0x0951,jadi yang anda copy hanya 0951 begitu juga dengan PIDnya. Setelah itu tinggal di paste di kotak pencarian VID maupun PID 
  • Klik tombol di sampingnya (bertuliskan "HANTN")!
  • Maka akan muncul daftar nama flash disk dan detailnya, cari yang sesuai dengan flash disk kamu!
  • Setelah itu, copy paste tulisan yang berada di kolom paling kanan, di baris yang sesuai dengan flash disk kamu!
  • Pastekan pada kotak search google di kanan atas website itu! Usahakan kamu mendapatkannya melalui Ultranet! (contoh : SSS6690 USB Flash Sorting Ver V5.014 (UltraNet))
  • Maka akan muncul software yang harus anda download (mungkin beda flashdisk akan beda softwarenya)
  • Cara downloadnya klik tombol bawah artikel tersebut yang bertuliskan "CKaYaTb"!
  • Masukkan kode verifiksi dan tekan tombol, lalu software akan didownload!
  • Buka software, lalu flash disk anda akan langsung terdeteksi!
  • Klik start !
  • Nah, tunggu beberapa saat sampai flash disk anda normal kembali.
Nah, dari cara di atas akhirnya flashdiskku itu dapat terbaca lagi dengan baik. Tapi inget untuk memback up dahulu file penting di flashdisk kamu agar datanya tidak hilang begitu saja. Masalah lain yang dapat dapat diatasi dengan cara ini adalah ketika flashdisk tidak bisa diformat, yaitu adanya tulisan write protected setiap kali mencoba untuk memformat.
Selamat mencoba cara yang sudah aku buktikan berhasil di flashdiskku ini. Jika mengalami kesulitan, silakan mengunjungi sumber tulisan di bawah ini!

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar terhadap tulisan ini, tapi dengan kata2 yang baik ya! Heehehehe....