Recent
Documents adalah salah satu fitur Windows yang mungkin sangat Anda
kenal dan bahkan sangat mengandalkannya untuk membuka kembali dokumen
yang pernah Anda buka. Fitur ini bisa kita lihat pada Start Menu pada
semua versi windows. Fungsi dari recent documents pun saya yakin Anda
semua pasti sudah mengetahuinya, yaitu untuk menampilkan dokumen-dokumen
yang terakhir kita buka di komputer kita. Dokumen tersebut bisa dokumen
word, excel, mp3, video dan lain sebagainya. Singkatnya dengan fitur
recent documents ini, Anda akan lebih mudah untuk membuka dokumen yang
pernah anda buka sebelumnya. Dengan fitur ini Anda tidak perlu mengakses
Windows Explorer untuk membuka dokumen yang pernah Anda buka
sebelumnya.
Namun, fitur ini juga
memiliki kelemahan, terutama masalah privasi. Jika Anda menggunakan
komputer yang biasa diakses banyak orang, misalnya warnet, kantor,
sekolah atau tempat umum lainnya, maka orang lain akan mengetahui
dokumen apa saja yang baru Anda buka. Walaupun komputer tersebut sudah
semapat mati. Hal ini tentu saja akan sangat mengkhawatirkan, terutama
jika dokumen yang Anda buka bersifat rahasia.
Nah kalau begini
bagaimana? Solusinya adalah melakukan clear atau membersihkan recent
documents tadi. Caranya adalah melalui Stat Menu Properties. Caranya
menghapus recent document pada Start Menu saya yakin banyak dari Anda
sudah mengetahuinya. Jadi tidak saya jelaskan lagi. Ya kan? Namun,
bagaimana jika Anda menggunakan komputer tersebut sebanyak 10 kali
sehari? Tentu cara tersebut cukup melelahkan bukan? Anda harus membuka
Start Menu Properties dan melakukan clear recent documents secara
berulang-ulang. Trus bagaimana solusinya?
Saya mempunyai satu cara
untuk menghapus recent document secara otomatis. Dengan cara ini,
ketika komputer dimatikan, recent documents akan secara otomatis kosong.
Tertarik untuk mencobanya? Berikut saya berikan cara menghapus recent
documents secara otomatis pada saat komputer Shut Down.
- Klik Start » Run untuk membuka kotak dialog Run!
- Pada input Run ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda petik) dan kli OK/tekan Enter untuk membuka jendela Local Group Policy Editor!
- Setelah itu, klik tanga segitiga putih di depan Administartive Template pada node User Configuration!
- Kemudian klik Folder Start Menu and Taskbar! (lihat Gambar!)
- Di sisi sebelah kanan carilah tulisan “Clear history of recently opened documents on exit.” kemudian klik dua kali!
- Setelah itu akan muncul sebuah jendela lagi. Pada jendela tersebut pilih opsi “Enabled”!
- Untuk menyimpan dan menutup jendela tersebut klik tombol OK!
Semuanya
telah selesai. Kini periksalah recent documents pada Start Menu
komputer Anda. Apakah terdapat item yang pernah Anda buka? Jika ya,
biarkan saja. Jika tidak, cobalah membuka 1 atau 2 buah dokumen agar
recent documents tersebut terisi. Apabila recent documents telah terisi,
cobalah melakukan restart terhadap komputer Anda untuk memastikan
apakah seting Anda berhasil.
Jika komputer sudah kembali hidup dan
Anda sudah masuk ke Windows, cobalah mengakses recent documents Anda.
Apakah masih ada item disana? Jika belum, cobalah mengulangi
langkah-langkah tadi dan pastikan opsi Enabled telah Anda tandai. Jika
ya, berati Anda sudah berhasil. Kini setiap Anda melakukan shut down
maka secara otomatis recent documents akan dihapus. Demikian tips
singkat untuk menghapus recent documents secara otomatis pada saat
komputer dimatikan.
Selamat mencoba.
Nomer 2 dan 3 belum jelas. Mungkin jika ada fotonya lebih mudah. Terima kasih.
ReplyDeleteSudah dikasih tuh, makasih masukkannya
Delete