SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANAKU

Sunday, May 12, 2013

Membuat Motor-motoran dari Wadah Korek Api Gas

Saat melihat miniatur sepeda motor yang dibuat dari wadah korek api gas, kau pengin nyobain untuk membuatnya. Tetapi sayangnya harus sabar dulu untuk nunggu dapet 2 wadah korek api dulu. Hehehehe...
Nih salah satu tampilan yang ngebuat aku kepengen nyoba buat.


Tapi tenyata eh ternyata susah juga bro, soalnya nggak ada langkah-langkah pengerjaannya. Sudah googling tetep aja nggak ada yang ngebahas secara total dan gamblang. Apalagi ternyata tutup wadah korek api yang digunakan beda. Kalo di gambar atas bentuknya agak membulat tapi wadah yang ada semuanya sama yaitu datar. Kayak gini nih.

Tuh kan beda.

Meskipun berbeda tetep aja nih pengen nyoba dan ternyata kalo harus sama kaya gambar motor2an di atas aku nggak bisa buat bro, soalnya sih kayaknya ada aksesoris tambahan seperti lampu, plat nomor, tangki bensin, sama lingkaran di depan tu apa ya? Speedometer mungkin maksudnya. Aku juga binggung gimana cara masang setang yang kayaknya ada pir-nya dan knalpotnya tu, kok bisa nemplok gitu ya. Sampai binggung mikirnya.
Tapi dengan semangat juang 2013, hehehehe...., tak pantang menyerah aku akhirnya berhasil membuat motor2an tersebut meskipun dalam beberapa hal itu sebenarnya cara yang aku buat sendiri.
Dan meskipun bentuknya nggak sama persis, tetapi yang penting motor2annya jadi dan bisa dijalani. Hahahahahaha.... Ngeng... ngeng.... ngeng....

Sekedar sharing nih, aku akan ngasih tahu langkah2 pembuatan motor2an dari korek api yang telah berhasil aku otak-atik. Bagi temen2 yang kepengin nyoba silahkan aja coba. Pembuatan pertama kali emang susah, tapi setelah itu akan terasa mudah kok karena aku sudah ngebuat sampai beberapa buah. Nih hasil motor2an yang berhasil aku buat.


 
Nah begini langkah2 pembuatannya.

1. Pertama-tama siapkan bahan2nya dahulu, yaitu 2 buah wadah korek api gas bekas. Bekas lho ya, jangan yang masih ada isinya, hahahahaha..... Bongkar wadah tersebut sehingga diperoleh beberapa bagian. Berikut bagian2 yang dibutuhkan.

Tapi asal tahu saja, ternyata tutup wadah korek api itu beda2. Nih contohnya.

Tuh dari gambar di atas jelas perbedaannya, yaitu ada yang berlubang ada yang nggak. Dalam hal ini yang kita pakai adalah yang berlubang. Lubang tersebut digunakan untuk memasang pengait antara dua bagian tutup ini dan untuk memasang stang.

2. Langkah kedua adalah menggabungkan kedua pasang bagian berikut untuk membentuk body motor2an.

Untuk dapat menggabungkan secara rapat (meski nggak rapat2 banget sih), kita harus memotong di dua tempat berikut dengan silet.
Bagian ini disilet agar bisa digabung
Bagian ini disilet sehingga menghasilkan ruang (dikit aja)
Pada bagian pertama, penyiletan (bahasa apaan sih? Hahaha...) bertujuan untuk melebarkan bagian yang diberi tanda panah, sedangkan pada bagian kedua bertujuan agar bisa dibuat agak menciut saat digabungkan (hal ini dilakukan dengan membuat ruang kecil).
Jika kepengin yang rapat bisa memakai lem.

3. Langkah ketiga adalah memansang stang.


4. Langkah kekempat adalah memasang knalpot. Karena aku binggung cara memasangnya maka aku akalin aja memakai per kecil yang ada. Dengan menambahkan isolatip, maka bagian yang berbentuk tabung (aku nggak tahu namanya) bisa terpasang erat di per. Lalu tinggal dipasang di badan yang akan dijadikan belakang motor2an dengan melengkungkannya dan menyelipkannya.



5. Langkah kelima adalah memasang roda.


6. Langkah keenam adalah memasang tutup depannya.


Tralala motor2an dari wadah korek api telah selesai.

Nah begitulah caraku membuat motor2an dari wadah korek api. Habis kalo ngebuatnya sama kaya’ contoh yang aku lihat itu susah, jadi gini aja udah cukup puas kok saat buatnya. Apalagi keponakanku aja seneng saat aku buatin, hahahahaha....
Bagi temen2 yang mungkin punya cara ngebuatnya sehingga menghasilkan motor2an yang lebih bagus bentuknya seperti pada contoh, bisa sharing di sini.


NB: Maaf kalo gambarnya kurang jelas, soalnya aku cuma pakai kamera HP.

47 comments:

  1. hwaaa.... langsung tak bookmark dah, binggal nyari rek gasse, sesuk yen wis dadi tak share juga he..he... matur nuwun dah di buatin tutorial


    toro cakep
    mampir nggeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.... gek dicoba wae, gampang kok. Itung2 ngo ngisi waktu luang plus meningkatkan kreatifitas, hahahaha....

      Delete
    2. Keren gan artikelnya, kreatif banget

      Delete
  2. siapa yang pnya korek api bekas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanya aja sama yang ngrokok, minta supaya wadah korek apinya nggak dibuang, hahahahahahaha..........

      Delete
  3. cara buat tangkinya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo versi ane di atas nggak ada tangkinya gan. Kata temen ane sih bisa digunain kertas gan, tapi menurut ane nggak bagus sih.

      Delete
  4. wah kreatif banget mas, hebaatttt !!! bagusnya dijual biar bisa nambah penghasilan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan, sebenanrnya bukan ane yg kreatif tapi "dia"nya yg punya ide awal, ane cuma ikut2an aja dengan buat versi sendiri, hehehehe....

      Delete
    2. Waaah sya tertarik untuk mencoba,trima kasih ya informasinya yg sangan jelas,

      Delete
  5. wah,... keren y:-)! klau motor harley ad tipnya gk, mas? thnks...(Y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalau bikin jadi harley, ane juga bingung tuh gan...

      Delete
  6. Membantu banget, mumpung banyak korek bekas

    trimakasih

    ReplyDelete
  7. Membantu banget, mumpung banyak korek bekas

    trimakasih

    ReplyDelete
  8. itu bisa dijual gak...

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Ide motor2annya emang copas dari blog lain, tapi isi langkah2 di sini dari ane sendiri. Maksudnya dibuat dengan gaya ane, gitu....

      Delete
  10. Menarikkkkkk,,,,palagi aq penggemar miniatur motor,,,,i'll try this at home !

    ReplyDelete
  11. Menarikkkkkk,,,,palagi aq penggemar miniatur motor,,,,i'll try this at home !

    ReplyDelete
  12. Menarikkkk,,,palagi aq penggemar miniatur,i'll try this at home !!!

    ReplyDelete
  13. Geli gue baca artikel y, Haha
    Sangat kreatif bikin artikel y

    ReplyDelete
  14. Geli gue baca artikel y, Haha
    Sangat kreatif bikin artikel y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... terimakasih gan.
      Bisa dicoba gan buat di rumah

      Delete
  15. Mantav kreativ... tinggal paraktek

    ReplyDelete
  16. mantap nih.. buat tugas kerajinan, makasih atas tutorialnya kk

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. Awok awok awok, jangar aku bikin kek gitian ny😂

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar terhadap tulisan ini, tapi dengan kata2 yang baik ya! Heehehehe....